Motoengine.com – Dear motolova, dari data distribusi Aisi terakhir Januari-September 2016 motor sport naked 150cc antara Yamaha Vixion  Advance 116.413 unit dan All New Honda CB150R 113.541 unit terlihat Yamaha Vixion unggul tipis 2.872 unit. Dengan kemampuan produksi besar dan daya serap  stok ke dealer yang sangat banyak tentu selisih kurang dari tiga ribu unit sangat mudah dilampaui oleh Honda di tiga bulan terakhir. Yamaha mesti cepat berbenah mengantisipasi hal ini, menjaga nama Yamaha Vixion Advance sebagai Raja motor Sport.

Dahulu kala sebelum kelahiran Yamaha Vixion kerajaan dunia motor sport masih dikuasai oleh motor sport batangan Honda ada Honda tiger dan Mega pro yang mendominasi. Dua motor Honda itu adalah yang terbaik dijamannya hingga tiba lahirnya Yamaha Vixion dengan teknologi terbaru mesin SOHC 150cc 4 klep Liquid cooled, rangka Delta box dengan desain motor sport paling keren. Dari kelahirannya tahun 2007 hingga kini sudah hampir 9 tahun Yamaha Vixion masih dipercaya Masyarakat Indonesia menjadi Raja Motor Sport 150cc.

Yamaha vixion merah

Yamaha vixion merah

Honda tentu tidak tinggal diam melihat kedigjayaan Yamaha Vixion maka pada tahun 2012 lahirlah Honda CB150R untuk menyaingi  Yamaha Vixion. Terlalu fokusnya Honda  kepada Vixion sampai lupa akan antisipasi Yamaha yang tentu saja tidak akan tinggal diam. Beberapa saat setelah munculnya Honda CB150R ini ternyata Yamaha merubah Vixion menjadi New Vixion Lightening diakhir tahun 2012 menjadi lebih gagah, kekar, fitur terkini dan peningkatan power mesin. Tindakan Yamaha ini terasa membuat Honda CB150 tertinggal satu langkah yang efeknya tetap membuat Yamaha New Vixion Lightening tetap berjaya.

Perombakan besar dilakukan Honda CB150R di tahun 2015 menjadi All New Honda CB150R dan diikuti facelift perubahan kecil Yamaha New Vixion Lightening menjadi Yamaha New Advance. Perubahan besar Honda CB150R dengan mesin terbaru dan desain yang all out tidak mirip desain kompetitor tetapi selangkah lebih maju membuat hasil penjualan Honda CB150R mulai menyaingi Yamaha Vixion Advance.

Yamaha vixion advance hitam

Yamaha vixion advance hitam

Selisih penjualan yang sangat tipis antara Yamaha Vixion Advance dan Honda CB150R untuk memperebutkan julukan siapa raja motor sport semakin memanas kedua belah pihak tentu akan berjuang semaksimal mungkin mempertahankan nama brand image sebagai penguasa motor sport. Yamaha nampaknya belum maksimal mendaur ulang kedigjayaan Vixion karena baru memfacelift kecil-kecilan bukan all new seperti CB150R walaupun hasilnya ternyata Yamaha Vixion Advance masih cukup baik dengan memimpin tipis penjualan dari All New Honda CB150R.

Keunggulan cuma tipis Vixion atas CB150 menjadi warning, hal ini disadari betul oleh Yamaha karena paling lambat tahun 2017 akan muncul banyak motor baru dari Yamaha termasuk All New Yamaha Vixion. Mayoritas pencinta motor Yamaha vixion sebenarnya menginginkan All New Vixion dengan mesin baru yang lebih powerful dan desain yang lebih modern tidak peduli SOHC atau DOHC. Apa mungkin nanti dengan kemunculan All New Yamaha Vixion akan makin memantaapkan kedigjayaan motor sport milik Yamaha? Sekarang saja perombakan besar-besaran Honda CB150R masih ngos-ngosan mengejar penjualan Yamaha Vixion Advance lama. Ingat tahun depan persaingan lebih sengit lagi ada Suzuki GSX-150, Yamaha mesti cepat merevolusi vixion advance dengan kemunculan All New Yamaha Vixion dan mungkinkah tahun depan 2017 Honda CB150R akan All New lagi walau belum dua tahun untuk mengantisipasi hal tersebut atau nanti sekedar facelift saja? Yuk kita pantengin bersama.

 

Berkah THR (Tunjangan Hari Raya) menjelang hari raya Lebaran tentunya disambut gembira oleh mereka yang
  Galang Hendra Pratama kembali membuktikan konsistensinya menjadi Rider tercepat. Garuda Muda asal Yogyakarta ini
Aktivitas mudik selalu dijalani tiap tahun menjelang Hari Raya Lebaran. Momen itu pun menjadi tradisi
Astra Honda Racing Team kembali beraksi akhir pekan ini di Barcelona-Catalunya Circuit pada putaran keempat