Motoengine.com – Dear motolova, sudah tampak terlihat kode baru motor Yamaha di website TPT Online milik kementerian perindustrian. Tercatat ada dua kode motor Yamaha yaitu B65 dan B65-A dengan status P yang artinya sedang dalam proses, dua kode perbedaan ini cuma pada sistem rem ABS dan Non ABS. Disinyalir mesin Yamaha B65 ini sama seperti current Yamaha Nmax 155cc + VVA dan plus tambahan fitur SSS (smart start stop) yang kemungkinan secara desain sama seperti motor Yamaha NVX Vietnam yang foto & teasernya sudah tersebar di youtube. Berdesain lebih kecil daripada body nmax yang bongsor, terlihat lebih racy dengan banyak sudut-sudut lancip.

Screenshot_2016-09-08-09-47-18-01

Kode Yamaha B-65 di TPT Online

Dari judul di atas inilah opini 2 cent tim ME (motoengine.com), Yamaha B-65 bertujuan untuk melindungi kedigjayaan Nmax yang menguasai pasar big maxi skuter yang terjual lebih dari 20 ribuan setiap bulan. Lawan Nmax harga 24 jutaan sesungguhnya adalah Honda PCX yang secara desain dan fitur hampir sama sekelas tetapi karena masih impor CBU dari vietnam otomatis harga lebih tinggi sekitar 39 jutaaan sehingga susah untuk diserap pasar dan laku cuma beberapa ratus aja perbulan. Untuk mengantisipasi pergerakan honda melokalkan PCX melawan nmax maka diluncurkanlah Yamaha B-65 untuk melindungi Nmax plus dibenturkan kepada Honda Vario jadi sekali dayung dua-tiga pulau terlampaui.

Big matic Yamaha Nmax

Big matic Yamaha Nmax

Loh kenapa honda vario dibawa-bawa? Secara desain Yamaha B-65 tidak terlalu besar dibanding nmax dan sangat racy, cocok untuk head to head lawan Honda Vario, harga perkiraan non ABS 21-24 jutaan & ABS 24-28 jutaaan. Sudah hampir dua tahun Yamaha Nmax laku keras dan tidak ada pergerakan kompetitor di segmen big matic scoter. Tidak ada pergerakan bukan berarti Honda diam tetapi sedang menyiapkan serangan balik pada segment ini di tahun 2017 karena tahun 2016 sedang fokus mengambil alih segment sport dari Yamaha. Yamaha B-65 dipercepat peluncurannya diakhir tahun 2016 untuk mengantisipasi Honda PCX dilokalkan, mengambil kue pasaran vario sekaligus menetralisir strategi keroyokan motor Honda dengan peluru tambahan Honda Forza lokal. Dengan peluncuran dipercepat maka pasar baru terbentuk, menyerap lebih lebih awal calon konsumen. Untuk sementara sampai sini opini tim ME, kita tunggu tahun 2017 dengan banyak motor-motor baru yang akan launching.

Honda PCX

Honda PCX

 

Informasi
https://motoengine.com
Email: bloglers@gmail.com
Ig: @motolova
Youtube: ariean motoengine

 

 

 

    https://www.youtube.com/watch?v=7_j8_ry7yXM&t=29s   https://www.youtube.com/watch?v=_mI4SxMzirs&t=112s   https://www.youtube.com/watch?v=m-ZLywqk4Xk  
Jakarta, 3 Mei 2018 – Jakarta Custom Culture akan kembali hadir menjumpai penggemar dunia custom
  Tercatat 211 starter dalam seri ke-2 hajatan balap motor sport paling bergengsi Yamaha Sunday
Partner Menuju Sukses “Jaman Now”, Saksikan di Sini ! Di zaman yang makin maju dengan
Putaran ke-2 balap motor sport paling bergengsi di tanah air yaitu Yamaha Sunday Race 2018