Sharing knowledge mengenai selang rem (brake hose) yang lagi ngehits ya, tapi agak berat & serius dikit sih 😂

Mengemudi adalah cara yang efisien untuk mendapatkan dari titik A ke titik B. Namun, bagian penting dari proses pengemudi adalah berhenti, di situlah sistem pengereman kendaraan bermotor dan selang rem memainkan peran penting. Sementara selang hanyalah satu bagian dari sistem, ini adalah komponen penting. Bagian ini memberikan cairan rem yang mengambil energi pedal / tuas rem dan mentransfernya ke caliper untuk memperlambat dan akhirnya menghentikan kendaraan. Belajar tentang apa itu selang rem dan cara kerjanya penting, karena operator Kendaraan dapat menentukan apakah selang rem rusak, mungkin mencegah kecelakaan di masa depan.

Bagaimana Selang Rem Bekerja
Sistem pengereman kendaraan sebenarnya rumit, karena menggunakan berbagai prinsip ilmiah, seperti leverage, hidrolika, dan gesekan. Namun, selang rem sendiri merupakan salah satu bagian yang lebih sederhana. Selang rem adalah tabung yang memberikan cairan fluida dari master silinder ke berbagai bagian lain di sistem untuk membuat roda berhenti (hukum Pascal). Fluida bergerak dari silinder ke kaliper saat pengemudi menekan pedal / handle rem kendaraan. Kaliper kemudian menekan rotor, untuk memperlambat kendaraan. Selang sederhana mungkin tampak tidak penting, tapi jalur rem yang salah bisa mengakibatkan kecelakaan fatal. Selang karet tua bisa menjadi rapuh dan mulai hancur, yang dapat menyebabkan cairan bocor keluar, membuat mesin itu menjadi mesin peledak berukuran 3.000 pound.

Jenis selang rem
Ada banyak jenis selang rem untuk berbagai jenis kendaraan. Sebuah perusahaan kendaraan dapat menciptakan ukuran dan variasi spesifik untuk produknya. Namun, kebanyakan orang mengklasifikasikan selang rem berdasarkan bahan, dan dua yang utama adalah karet dan baja yang “dikepang”.

Selang Rem Karet
Selang rem karet adalah jenis kendaraan yang lebih umum. Jenis selang ini sebenarnya bukan terbuat dari karet murni. Sebaliknya, ia memiliki tenunan nilon fleksibel yang ditempatkan di antara dua lapisan karet. Eksterior karet ini berfungsi sebagai lapisan pelindung, sedangkan bagian nylon sebenarnya melakukan sebagian besar pekerjaan. Jenis selang ini lebih murah dan biasanya merupakan produk OEM (Original Equipment Manufacturer) atau standard pabrik di banyak kendaraan. Meski tidak tahan lama seperti baja yang dikepang, tapi memiliki beberapa keunggulan. Pertama, garis rem karet bisa lentur dengan mudah dan menyerap tekanan berlebih agar tidak pecah. Selanjutnya, tidak seperti garis baja yang dikepang, selang karet lebih lentur, yang memungkinkan roda ujungnya bergerak bebas. Selain penanganan yang lebih baik, ini mengurangi gesekan pada selang dan ujung roda, yang pada gilirannya mencegah kegagalan pengereman. Akhirnya, beberapa pengguna lebih menyukai selang karet karena lebih mudah melihat keausan di permukaan, sehingga memberi isyarat kepada pemiliknya bahwa sudah saatnya penggantian selang rem.

Selang Rem Baja “dikepang”
Selang baja dikepang mirip dengan karet yang juga menonjolkan lapisan material fleksibel dan tahan lama yang berbeda. Dalam jenis selang ini, lapisan dalam menggunakan bahan Polytetrafluoroethylene (PTFE) atau Teflon untuk memudahkan aliran cairan rem. Banyak perusahaan menggunakan Teflon karena tidak mudah pecah atau meluas di bawah tekanan, dan secara kimiawi. Lapisan luar, di sisi lain, menggunakan baja stainless yang dikepang. Baja yang dikepang lebih lentur dan fleksibel daripada baja biasa, dan melindungi bagian dalam dari serpihan kerikil dan puing-puing yang bisa terbang menghantam sistem rem.
Jenis selang rem ini memiliki manfaat yang berbeda. Banyak pemilik kendaraan mengganti selang karet standar mereka dengan yang terbuat dari baja karena lebih tahan lama. Selang karet bisa menjadi rapuh seiring berjalannya waktu, terutama saat terkena cuaca ekstrem (panas). Selain itu, tidak seperti selang karet, ini tidak mengembang. Garis rem karet cenderung membengkak saat cairan bergerak tertekan di dalamnya, seiring waktu, selang rem akan kehilangan fleksibilitas dan keefektifannya. Selang rem baja tidak memiliki masalah ini, sehingga bertahan lebih lama.

Yamaha Nmax Indonesia

    https://www.youtube.com/watch?v=7_j8_ry7yXM&t=29s   https://www.youtube.com/watch?v=_mI4SxMzirs&t=112s   https://www.youtube.com/watch?v=m-ZLywqk4Xk  
Jakarta, 3 Mei 2018 – Jakarta Custom Culture akan kembali hadir menjumpai penggemar dunia custom
  Tercatat 211 starter dalam seri ke-2 hajatan balap motor sport paling bergengsi Yamaha Sunday
Partner Menuju Sukses “Jaman Now”, Saksikan di Sini ! Di zaman yang makin maju dengan
Putaran ke-2 balap motor sport paling bergengsi di tanah air yaitu Yamaha Sunday Race 2018