Dimas Ekky membuat sejarah balap Indonesia di Barcelona Minggu ini, menjadi pebalap pertama dari Indonesia yang mampu menapaki podium FIM CEV. Dimas menyabet posisi ketiga di Race 1 di Sirkuit Barcelona-Catalunya, dan finis kelima di Race kedua. Hasil ini menunjukkan peningkatannya di seri FIM CEV ini, dan membawanya selangkah lebih dekat ke mimpinya menuju Kejuaraan Dunia MotoGP. Andi Gilang mengalami hari yang buruk di dua race yang dijalani. Andi gagal finis di race pertama karena ada pebalap jatuh di depannya yang membuatnya keluar lintasan, sementara di race kedua mengalami kecelakaan tunggal dan harus puas finis ke-27.

Dimas mengawali balapan dengan start yang kurang bagus dan terlempar ke urutan keenam. Tapi, Dimas berjuang untuk tetap berada dalam persaingan di grup depan demi meraih podium hingga balapan berjalan separuh jalan. Kurang dua lap, Dimas sudah berada di posisi ketiga dan berhasil mempertahankan posisinya hingga bendera finis dikibarkan, sebuah peristiwa yang belum pernah terjadi sebelumnya. Di Race 2, pebalap Astra Honda Racing Team ini kembali bertarung di top group, namun membuat kesalahan 5 lap sebelum balapan berakhir, Dimas pun gagal menapaki podium keduanya dan harus puas di posisi kelima.

Andi Gilang bernasib sial pada balapan kali ini. Di Race pertama, saat bertarung meraih posisi 10 besar, Andi jatuh di lap ketiga karena tidak bisa menghindari kontak dengan seorang pebalap yang mengalami highside di depannya di tikungan ke-5. Di Race kedua, Andi melakukan start dengan bagus, tapi lagi-lagi terjadi tabrakan dua pebalap di depannya, sehingga Andi harus menghindar dan berakibat tertinggal dari rombongan pebalap di grup depan. Tiga lap menjelang finis, Andi mengalami masalah teknis pada motor di tikungan pertama di saat posisinya urutan ke-15. Andi harus puas finis ke-27.

Setelah putaran ketiga musim ini, Dimas Ekky berada di urutan keenam dalam Kejuaraan Moto2 Eropa dengan 37 poin, sementara Andi Gilang berada di urutan ke-14, dengan 11 poin, di Kejuaraan Dunia Moto3 Junior. Putaran FIM CEV berikutnya akan berlangsung pada 8-9 Juli di Sirkuit Valencia.

“Saya sangat senang saat ini. Semua kerja keras akhirnya mendapat hasil dan kami telah sampai di podium. Setelah balapan di Albacete saya bekerja keras melatih fisik agar bisa mengendalikan motor. Kami kesulitan menemukan setup motor yang bagus di tengah panas yang sangat terik, tapi di sesi Warm Up kami mencoba sesuatu dan berhasil dengan baik. Race pertama sangat menakjubkan. Kami berjuang hingga lap terakhir. Saya sangat senang ketika melewati garis finish, saya gembira karena sangat sulit untuk naik ke podium. Pada Race kedua saya harus meminta maaf kepada tim karena saya melakukan kesalahan di Tikungan 1, jika saya tidak membuat kesalahan, kami bisa naik podium lagi. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Astra Honda, tim, semua mitra, keluarga saya dan seluruh rakyat Indonesia yang mendukung saya. Kini kami akan berusaha keras untuk mengulangi hasil di Valencia ini.” (Dimas Ekky)

“Kami gagal mendapatkan hasil yang baik di balapan hari ini. Di Race pertama, saya bernasib sial karena pebalap lain jatuh tepat di depan saya dan saya tidak dapat menghindarinya; Untung saya tidak celaka. Race kedua ada masalah pada pacuan saya. Saya kesulitan melakukan akselerasi yang membuat saya banyak kehilangan waktu. Juga di lap awal terjadi kecelakaan yang membut posisi saya turun cukup jauh. Tiga lap menjelang finis, ban terasa basah dan saya terjatuh, meski saya bisa bangun dan menyelesaikan balapan. Sayang sekali balapan harus berakhir begini, tapi saya termotivasi untuk melakukan yang lebih baik di lain waktu. Dan saya akan melakukan yang terbaik untuk mendapatkan hasil yang bagus.” (Andi Gilang)

>> Hasil Balap 1 Moto2

1. Ricky CardusKalex 31:31.874
2. Eric GranadoKalex +5.375
3. Dimas Ekky AHRT +11.670
4. Steven OdendaalNTS +13.088
5. Hector GarzoTech3 +13.247
6. Joe RobertsKalex +13.256
7. Federico FuligniKalex +13.273
8. Xavier CardelusKalex +24.832
9. Corentin P Transformiers +25.011 10. Marcel BrennerKalex +25.318

>> Hasil Balap 2 Moto2

1. Ricky CardusKalex 31:41.293
2. Joe RobertsKalex+3.181
3. Hector GarzoTech3+4.364
4. Steven OdendaalNTS+4.831
5. Dimas Ekky AHRT +8.345
6. Federico FuligniKalex +8.870
7. Eric GranadoKalex +9.132
8. Corentin P Transfiormers +13.616
9. Lukas TulovicKalex +22.885
10. Xavier CardelusKalex +23.962

>> Klasemen Sementara Moto2

1. Ricky CardusKalex 50 points
2. Hector GarzoTech3 47 points
3. Eric GranadoKalex 40 points
4. Steven OdendaalNTS 39 points
5. Joe RobertsKalex 38 points
6. Dimas Ekky AHRT 37 points
7. Federico FuligniKalex 26 points
8. Hafizh SyahrinKalex 25 points
9. Marcel BrennerKalex 20 points
10. Augusto F Suter 16 points

Sumber: Honda

  Garuda Muda yang bertarung di gelaran balap bergengsi WorldSSP300 Ceko, Galang Hendra Pratama berhasil
Berkah THR (Tunjangan Hari Raya) menjelang hari raya Lebaran tentunya disambut gembira oleh mereka yang
  Galang Hendra Pratama kembali membuktikan konsistensinya menjadi Rider tercepat. Garuda Muda asal Yogyakarta ini
Aktivitas mudik selalu dijalani tiap tahun menjelang Hari Raya Lebaran. Momen itu pun menjadi tradisi