Motoengine.com – Dear motolova, disegmen motor bebek sport Ada 4 motor yang sangat bersaing di kancah balapan dan juga penjualan. Keempat motor bebek tersebut adalah Yamaha MX King, Honda Supra GTR, Honda Sonic dan Suzuki Satria. Data distribusi AISI Juli 2017 memperlihatkan penjualan Yamaha MX King 150 mengalami penurunan tercatat hanya 2.730 unit, sedangkan para kompetitornya motor bebek super yang lain mengalami kenaikan yang cukup signifikan, Honda Sonic 150R versi ayago menguasai angka distribusi sebanyak 2.827 unit, Honda Supra GTR 150 angka distribusinya tercatat 2.777 unit sedangkan Suzuki Satria berada di posisi paling buncit dengan angka distribusi 1.217 unit. Tumben-tumbennya nih dua motor bebek Honda bisa melampaui data distribusi MX King 150, ada apa gerangan?

Secara total distribusi dari bulan Januari hingga Juli 2017 sebenarnya Yamaha MX King masih menjadi rajanya motor bebek underbone 150 cc dengan angka distribusi sebanyak 33.090 unit, kemudian peringkat kedua ada Honda Sonic 150R dengan angka distribusi 17.535 unit, peringkat tiga ada Suzuki Satria terdistribusi 8.783 unit dan terakhir ada Supra GTR 150 tercatat terdistribusi sebanyak 8.598 unit. Terlihat penjualan MX King masih perkasa yang data distribusinya hampir dua kali lipat dari peringkat kedua. Memang data distribusi ini bukan angka real penjualan langsung dari dealer ke konsumen tapi cuma data pendistribusian dari pabrik ke dealer, tetapi data distribusi ini tetap bisa menjadi patokan laku atau tidaknya suatu prodak ke tangan konsumen dilihat data distribusinya sepanjang tahun.

Apakah penurunan angka distribusi Yamaha MX King 150 yang biasanya perbulan tercatat sekitar 4 ribu hingga 5 ribuan menjadi cuma 2 ribuan sebagai strategi Yamaha untuk mempersiapkan keluarnya versi terbaru All New MX King 155 VVA seperti motor Yamaha 150 cc lainnya yang sudah mengalami update dengan mesin terbarunya 155 cc VVA? Atau penurunan tersebut memang dilakukan untuk menstabilkan kelebihan stok yang memang sudah menumpuk di dealer? Untuk sementara ini memang masih prematur untuk menganalisanya perlu waktu beberapa bulan kedepan untuk melihat apakah penurunan ini cuma sementara atau memang penurunan karena trend pasar MX King mulai jenuh kita tunggu aja bulan-bulan depan kelanjutannya. Motoengine (ME) sendiri berharap Yamaha Indonesia segera mengupdate MX King 150 menjadi All New Yamaha MX King 155 VVA, kemungkinan besar para pencinta sepeda motor Yamaha (fansboy) akan berharap sama seperti yang ME harapkan, semoga aja harapan kita semua cepat di wujudkan oleh Yamaha agar konsumennya mendapatkan prodak motor yang lebih fresh dan lebih baik lagi.




  Garuda Muda yang bertarung di gelaran balap bergengsi WorldSSP300 Ceko, Galang Hendra Pratama berhasil
Berkah THR (Tunjangan Hari Raya) menjelang hari raya Lebaran tentunya disambut gembira oleh mereka yang
  Galang Hendra Pratama kembali membuktikan konsistensinya menjadi Rider tercepat. Garuda Muda asal Yogyakarta ini
Aktivitas mudik selalu dijalani tiap tahun menjelang Hari Raya Lebaran. Momen itu pun menjadi tradisi