Motosocial, News

Motor Impian KTM Duke

 

Motoengijne.com – Dear MElova, meminang motor impian untuk ditunggangi tentu harapan semua orang begitu juga yang dialami bro Ardhieta yang sudah lama menginginkan motor KTM duke dari jaman Duke 125 sampai Duke 250 tapi apa daya harganya yang mahal untuk mesin 250cc satu silinder seharga 60 jutaan menyurutkan niatnya membeli motor ini. Adanya penurunan harga yang besar-besaran dari KTM di Indonesia menumbuhkan kembali cita-cita bro Ardhita untuk memiliki motor impiannya KTM duke. Berikut cerita dari Bro Ardhieta dan sharing bersama rekan-rekan pencinta roda dua..

Cuman mau sharing aja..

Jujur KTM Duke impian saya dari entah taun kapan (waktu itu masih jamannya Duke 125) dan belom kesampean juga. Bahkan sampe kemaren waktu ngerasa udah siap minang Duke 250 juga masih gak rela karena duit segitu banyak (60an jt) dapetnya single cylinder doang.

Nah, akhirnya Yamaha Xabre nongol. Menurut saya desain, Xabre cukup mirip sama Duke, hanya aja yang paling bikin saya berat langsung eksekusi (kepikiran mulu) dimensi silinder Xabre (bukan cc, tapi fisik kepala silinder mesin) yang menurut saya kecil sehingga desainer Yamaha berusaha bikin bodi samping Xabre terlihat kekar buat nutupin dimensi silinder yang cukup kecil itu. Padahal wujud mesin penting buat diliatin buat genre naked bike.

Angin segar berhembus, saya dapet kabar dari blogger kalo GIIAS 2016 KTM bakal potong harga sampe 20jt an. Alesannya, seperti yang udah pada tau.. KTM mau subsidi dulu unit CBU mereka biar harga bisa turun sesuai dengan proyeksi harga untuk unit CKD di pabrik lokal. Info ini belum bisa kita pegang, karena kabarnya besok baru ada press conference nya.

Nah, mumpung libur sekalian tadi mampir ke gelaran GIIAS. Setelah melipir di bagian roda empat akhirnya nemu booth KTM di ujung deket tempat aksesoris. Langsung tanya-tanya perihal Duke 200 ke salesnya (karena budget wise ini yang paling bikin bimbang beli Xabre atau Duke). Info dari sales sebagai berikut: unit Duke 200 harga besok baru dirilis (ada yang bilang 33jt an), sistem inden (oktober baru delivery).

KTM RC 390

KTM RC 390

Daripada bengong, akhirnya saya nyoba unit Duke 250 di booth.. yang kemudian gatel ikutan test ride nya. Kesimpulannya Tenaganya gila, material gak maen-maen, harga 44jt sangat worth it dengan semua fiturnya, minus di perawatan karena oli motorex rekomendasi ktm 1lt @390rb (saya sampe teriak GILA! ke spg olinya *ngakak), dan pajak setaun 1jt karena faktur harganya masih 60an jt)

Di sini saya mulai goyah, tadinya mau-mau aja nunggu sampe oktober buat dapetin Duke 200. Tapi.. perbedaan 10jt an Duke 250 dari Duke 200 dengan kondisi unit ready dan keunggulan seperti berikut: Ban Pirelli Diablo, radiator lebih gede, ABS, slipper clutch dan sistem lubrikasi mesin yang lebih baik (mohon dikoreksi bila salah) akhirnya saya mutusin untuk pesen satu ke mas salesnya dan melewatkan Xabre dan ambil Duke 250.

Akhir kata, ujung-ujungnya masalah hati. Karena dari awal jatuh cintanya sama Duke, karena ada kesempatan dan kemampuan.. (semoga, karena masih nunggu proses kredit *malu) mimpi saya bisa jadi kenyataan.

Salam,

 

Bisa test ride juga disana ? Trus klo ambil duke 250 ready stock gitu?

Duke 250 ready stock bre, 2hari setelah pelunasan bisa dikirim. Yang bikin saya makin berani ambil Duke 250 karena tadi bisa test ride kondisi abis ujan (trek basah) tarik gas, rem mendadak tapi motor masih stabil dibawa nekuk.

Harus cash om belinya? Ga bisa kredit?

Saya juga kredit bre.. Adira DP minimum 9jt kalo Mandiri 15jt

Dp 9jt angsuran per bulan brp? Ambil brp tahun?

Kalo ga salah liat DP 9jt per bulan 24bln @2,1 30bln @1,9

pendapat pribadi, kalo soal tampang menurut saya seimbang sama2 keren, cuma duke itu gila di spek dan quality buitnya, kalo mau soal untung rugi dgn harga yg skr lu itung dr mana aja tetep menangan duke, masalahnya kalo tpt kita yg gak ada dealer resminya dgn full 3s jd wajib mikir ulang buat minang duke, kalo yg dijkt sih jelas aman ya, gila aja kalo gak milih duke. hehe just pendapat sepihak.

perihal layanan purna jual ktm untuk wilayah jabodetabek mungkin masih bisa lah. tapi kalo mau itung-itungan, jelas yamaha unggul di layanan purna jual. beres dan dealer hampir ada di seluruh kota di indonesia, ketersedian dan harga parts original yang lebih terjangkau. selain itu bengkel non resmi biasa oprek motor jepang hehe dan parts aftermarket melimpah.

Pastinya ada minus ada plus nya dr 2 pilhan tsb diatas, ane kl ada duit lebih buat hobi pastinya beli KTM jg…motor ikonik, dipakai mungkin cm pd.hari sabtu dan mnggu saja, motor dgn part special..biaya rawatnya kudu disiapin lebih..dibanding miara “motor biasa” ky xabre.., yg ongkos miaranya lbh rendah…., karena byk onderdil yg common part dgn sodara2nya…plus jaringan bengkel yg tersebar luar sampai pelosok. So jika pengen beli motor utk aktifitas harian..porsi lebih utk alat angkut/transport .dan sekali2 kongkow atau turing…lbh bijaksana utk jatuhkan pilihan kpd xabre

 

Informasi
Blog: https://motoengine.com
Email: bloglers@gmail.com
IG: @motolova
FB: arie anhar
Youtube: ariean motoengine

 

  Garuda Muda yang bertarung di gelaran balap bergengsi WorldSSP300 Ceko, Galang Hendra Pratama berhasil
Berkah THR (Tunjangan Hari Raya) menjelang hari raya Lebaran tentunya disambut gembira oleh mereka yang
  Galang Hendra Pratama kembali membuktikan konsistensinya menjadi Rider tercepat. Garuda Muda asal Yogyakarta ini
Aktivitas mudik selalu dijalani tiap tahun menjelang Hari Raya Lebaran. Momen itu pun menjadi tradisi

1 Comment

  1. bill

    Ini beneran mesinnya berisik sama panas ngga min? rencana mau rc200, tp masih bimbang sama ninja mono soal alfersales

Leave a Reply

Theme by Anders Norén