Kawasaki Ninja

Kawasaki Ninja

Motoengine.com – Dear MElova, KMI dengan Kawasaki Ninja 250 nya  pede sekali menghadapi Honda CBR250RR. Dengan filosofi rideology & rider centric pabrikan kawasaki maju terus penuh semangat mempertahankan eksistensinya untuk mengembangkan motor kelas dunia yang real diproduksi buat umum. Motor produksi Kawasaki fokus pada performa dan kenyamanan sehingga owner akan merasa puas & senang sekali mengendarai motor buatan Kawasaki. First mover sudah tertancap kuat sebagai semangat filosofi kawasaki untuk menciptakan motor-motor legendaris kelas dunia.

IMG_4894-01-01_wm

Pedenya KMI menghadapi hadirnya Honda CBR250RR tak terlepas dari loyalnya konsumen / komunitas pada brand Kawasaki Ninja sebagai motor premium, motor sport, motor sinetron anak jalanan, berpengaruh juga nih sinetron hehehe. Konsumen yang bijak pasti menyadari mereka loyal bukan sekedar brand image motor Kawasaki tapi juga lebih ke value apa yang ditawarkan, selama ini konsumen masih loyal karena belum ada lawan sepadan ninja 250 sekalipun itu Yamaha R25 yang secara power diatas ninja tetapi secara desain penampilan kurang moge look masih banyak konsumen yang mengunggulkan Ninja 250.

 

IMG_4903-01-01_wm

Seandainya ada brand image kompetitor lebih kuat dengan prodak yang lebih value tentu loyalitas menjadi sangat elastis. Brand image Honda yang sangat kuat di masyarakat Indonesia menjadi tantangan sendiri buat KMI. Honda sangat mendominasi penjualan roda dua di tanah air bulan juni 2016 sekitar 73 % di genggamnya. Sekarang AHM menawarkan Honda CBR250RR yang sangat value sekali dibanding para kompetitornya di kelas ini, tentu patut di waspadai KMI dengan Kawasaki Ninja 250 nya.

 

IMG_4897-01-01_wm

Kawasaki ninja non ABS harga 59 juta atau terpaut cuma 6 jutaan dari Honda CBR250RR non ABS (harga perkiraan 64 – 66), membuat kawasaki ninja yang paling banyak terpengaruh dengan kehadiran Honda CBR250RR. Menambah fitur mengikuti Honda CBR250RR jelas bukan opsi yang baik, membuat harga jual kawasaki ninja melambung tinggi melebihi harga Honda CBR250RR. Membranding kenalpot / menyematkan USD / fitur tambahan pada motor kawasaki ninja bekerjasama dengan produsen after market sebagai bonus tanpa kenaikan harga tentu menambah value motor kawasaki ninja 250 dimata konsumen.

 

IMG_5844-01-01_wm

Menunggu diam untuk melihat pergerakan penjualan CBR250RR dulu baru kemudian bereaksi adalah tindakan defensif yang akan mempercepat keruntuhan singasana Raja motor sport kawasaki ninja di kelas 250cc dua silinder. Mengambil tindakan wait & see seperti ketika pertamakali Yamaha R25 muncul masih bisa diterima karena secara value prodak kedua motor relatif sama tetapi tidak berlaku pada Honda CBR250RR yang superior di segala sisi termasuk unggul di triple S sales, service dan spare part.

 

IMG_1086-01-01_wm

KMI kawasaki sangat pede sekali menghadapi persaingan kelas 250cc, karena mereka sudah memperiapkan tindakan offensif untuk segera memproduksi Kawasaki Ninja 250 empat silinder, langkah yang sangat brilian dari pabrikan kawasaki. Harga yang disematkan berkisar 90 jutaan, beda gap yang lumayan jauh dari kawasak ninja 250 dua silinder ABS berharga 69 juta akan membentuk permintaan pasar sendiri tanpa mengganggu penjualan Kawasaki ninja 250. Dengan hadirnya Kawasaki Ninja empat silinder selain nama brand image kawasaki Ninja sebagai motor sport premium akan tetap terjaga dimata konsumen pasca meluncurnya Honda CBR250RR juga menambah amunisi line up motor sport premium kawasaki di kelas 250cc.

 

Diversifikasi prodak kawasaki dengan mesin Ninja 250 salah satu opsi yang bisa diterima, seperti membuat motor adventur atau motor retro klasik dengan harga di bawah harga Ninja 250 tentu makin banyak buyer potensial yang melirik prodak kawasaki & menjaga penjualan yang menjadi tulang punggung pabrikan Kawasaki di kelas 250cc selaras dengan semangat filsofi kawasaki sebagaj first mover untuk menghadirkan motor legendaris kelas dunia.

 

Kesimpulan: Melakukan major / minor change seperti menambah fitur harus segera dilakukan agar value motor Kawasaki Ninja 250 dua silinder meningkat dimata konsumen atau bekerja sama dengan produsen after market dengan diskon menarik,  diversifikasi motor kawasaki ninja 250 dengan menambah model motor pakai  mesin ninja 250 dua silinder menambah amunisi KMI di kelas 250cc dan segera memproduksi Kawasaki Ninja 250cc empat silinder tanpa menunggu hasil penjualan Honda CBR250RR dengan posisi harga yang bersaing adalah langkah brilian yang kesemuanya itu tentu akan membuat AHM dengan Honda CBR250RR nya kerepotan di kelas 250cc. Kita tunggu bersama tindakan real KMI dengan kawasaki ninja 250cc empat silindernya apa bisa membuat kehebohan Honda CBR250RR berlalu bersama angin? Laksana debu yang berterbangan..

 

 

Baca juga:

 

 

Informasi
Email: arieanhar@gmail.com
IG: @motolova
FB: arie anhar
Youtube: ariean motoengine

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Garuda Muda yang bertarung di gelaran balap bergengsi WorldSSP300 Ceko, Galang Hendra Pratama berhasil
Berkah THR (Tunjangan Hari Raya) menjelang hari raya Lebaran tentunya disambut gembira oleh mereka yang
  Galang Hendra Pratama kembali membuktikan konsistensinya menjadi Rider tercepat. Garuda Muda asal Yogyakarta ini
Aktivitas mudik selalu dijalani tiap tahun menjelang Hari Raya Lebaran. Momen itu pun menjadi tradisi