Dugaan Kartel motor

Dugaan Kartel motor

Motoengine.com – Dear MElova, dua produsen sepeda motor di Indonesia PT. Astra Honda Motor (AHM) & PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) diduga melakukan kartel harga motor skutik 100cc – 125cc. Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) melaporkan ke meja hijau kedua produsen ini karena diduga melakukan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat dalam industri sepeda motor dengan bekerjasama menetapkan harga jual, kenaikan motor Honda selalu diiringi dengan kenaikan  motor Yamaha.

Pabrik honda

Pabrik honda

KPPU menjelaskan harga motor matic 100cc – 125cc seharusnya dijual sekitar 12 jutaan bersih sudah termasuk biaya produksi, surat2 & margin, tetapi dijual sampai 15 juta. Sekarangpun ada motor matic 125cc berkisar harga 16 – 18 jutaan. Wah.. Jika memang terbukti praktek kartel ini jelas-jelas sangat merugikan konsumen otomotif roda dua di tanah air.

Pabrik yamaha

Pabrik yamaha

Perhitungan selisih harga dari 12 juta ke 16 juta adalah 4 juta atau  sekitar 33% kelebihan beban yang ditanggung oleh konsumen dari harga sebenarnya. Diibaratkan konsumen yang membeli cash sudah dibebankan bunga 33% atau sama aja dengan kredit motor dengan jangka waktu 1 – 2 tahun. Harga kartel motor sama dengan harga kredit motor, beli cash kok harga sama dengan beli kredit, apalagi yang membeli kredit? Yaa kredit plus-plus, ini jelas sangat-sangat merugikan rakyat Indonesia karena alat transportasi sangat vital dan dibutuhkan banyak orang.

Honda repsol

Honda repsol

Denda maksimal 25 milyar jika terbukti bersalah pun terasa sangat kecil dibandingkan dengan kerugian yang sudah dibebankan kepada konsumen roda dua. KPPU sebagai regulator juga bisa merekomendasikan agar kedua pabrikan ini membandrol sepeda motornya kembali ke harga yang wajar. Disinilah peran pemerintah untuk segera mengevaluasi dan mengeluarkan peraturan baru atau membuat kebijakan agar dunia usaha tumbuh dalam iklim yang sehat dan tidak terjadi lagi praktek monopoli di segala bidang perekonomian.

Yamaha moviestar

Yamaha movistar

Bisa dipahami kenapa KPPU menyelidiki khusus pada sepeda motor skutik karena motor skutik paling laku di beli masyarakat dan yang paling banyak berkontribusi menjadi lahan pendapatan perusahaan. Jika terbukti terjadinya praktek monopoli dan harga motor skutik kembali normal maka seharusnya juga harga motor 150cc – 250cc ikut menyesuaikan. Semoga.. mengingat konsumen sudah mengeluarkan uang lebih dari harga yang seharusnya dibeli.

Tvs motorcycle

Tvs motorcycle

Untuk meminimalisir praktek monopoli, pemerintah bisa saja mengevaluasi peraturan untuk meringankan pajak-pajak yang dibebankan kepada sepeda motor di bawah 500cc. Penghobi motor sebagian besar pasti setuju pajak direvisi agar harga motor dibawahnya bisa terkoreksi jadi tidak overprice. Pemerintah juga bisa membuat kebijakan mendukung program sepeda motor nasional, atau pemerintah bekerja sama dengan merk jepang membuat prodak merk lokal sehingga terjadi transfer teknologi seperti halnya di India yang sukses membuat rakyatnya mencintai sepeda motor produksi dalam negri. Dengan tumbuhnya industri sepeda motor lokal yang didukung oleh pemerintah maka diharapkan kedepannya industri otomotif roda dua menjadi lebih kuat dan mandiri terhindar dari praktek-praktek monopoli yang merugikan rakyat. Ketetapan final terjadi atau tidaknya kartel ini akan keluar dari putusan pengadilan mari kita tunggu bersama.

 

Informasi
Blog: https://motoengine.com
Email: bloglers@gmail.com
IG: @moetolova
FB: arie anhar
Youtube: ariean motoengine

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Garuda Muda yang bertarung di gelaran balap bergengsi WorldSSP300 Ceko, Galang Hendra Pratama berhasil
Berkah THR (Tunjangan Hari Raya) menjelang hari raya Lebaran tentunya disambut gembira oleh mereka yang
  Galang Hendra Pratama kembali membuktikan konsistensinya menjadi Rider tercepat. Garuda Muda asal Yogyakarta ini
Aktivitas mudik selalu dijalani tiap tahun menjelang Hari Raya Lebaran. Momen itu pun menjadi tradisi