Motoengine.com – Motor harian yang mudah perawatannya di motor sport 150 cc banyak para rider memilih mesin SOHC (Single Overhead Campsahft) sebagai kendaraan sehari-hari. Karakter mesin SOHC diputaran bawah mesin torsi nampol, enak buat stop & go sekaligus hemat bahan bakar. Sedangkan karakter mesin DOHC (Double Overhead Campsahft) dikenal berforma tinggi, ganas diputaran atas sangat cocok untuk para rider pencinta kecepatan.

Tidak jarang masalah SOHC vs DOHC untuk motor sport 150cc sering dibanding-bandingkan untuk memilih mana yang terbaik. Sebenarnya secara garis besar masing-masing punya kelebihannya sehingga memang tidak bisa secara saklek menjudge salah satunya pasti yang terbaik tinggal kita aja untuk memutuskan suka dengan karakter mesin yang mana. Milih motor kan bukan sekedar suka mesin SOHC atau DOHC, masih banyak pertimbangan lain selain seperti harga, fitur, teknologi, motor terbaru, mesin terbaru dan kadang faktor booming pemberitaan masiv media juga mempengaruhi orang untuk memilih sebuah motor dan masih banyak faktor lainnya yang secara subjektif masing-masing orang berbeda.

Kalau dilihat dari karakter mesin motor sport 150cc, SOHC nampol di torsi putaran bawah tapi kurang maksimal di putaran atas sedangkan DOHC ganas diputaran atas tapi kurang maksimal diputaran bawah. Adakah mesin yang bisa menggabungkan dua kelebihan SOHC & DOHC sehingga kelebihan keduanya bisa dimaksimalkan? Nah Sekarang ada teknologi motor terbaru dari Yamaha menggunakan mesin SOHC plus VVA (Variable Valve Actuaction). Teknologi VVA yamaha sudah diaplikasikan pada motor sport Yamaha All New R15 dan All New Vixion R.

VVA pada prinsipnya membuat torsi merata disetiap putaran mesin. Dengan SOHC VVA torsi motor tetap galak di putaran bawah dan putaran atas tenaganya menggila. SOHC VVA yang diaplikasikan pada All New R15 & All New Yamaha Vixion membuat motor ini power dan torsinya paling gede dikelasnya plus hemat bahan bakar. Ibaratnya gabungan kelebihan SOHC + DOHC dimaksimalkan oleh SOHC VVA. Jadi Jangan Heran dikelas motor sport 150 cc sekarang Ada Ungkapan “DOHC Kok Kalah Powernya Ama SOHC & Irit Lagi”.

Motoengine.com - Hari Sabtu (30 September) bertempat di Ecopark Ancol, telah berlangsung even fotografi model
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); Motoengine.com - Antara bersyukur dan rasa penasaran gimana kalau Kawasaki
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); Motoengine.com - Walau makin lama makin tergerus pangsa motor sport
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); Motoengine.com - Heran juga dengan kedigjayaan MX King 150 yang
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); Motoengine.com - Kesan pertama melihat motor Yamaha All New Xride