Motoengine.com – Hai motolova, entah sejak kapan perselisihan beda pendapat yang membanding-bandingkan bahwa motor sport 150cc mesti mengusung mesin double over head camshaft (DOHC) dibandingkan single over head camshaft (SOHC). Perbedaan pendapat mesin DOHC VS SOHC di motor sport 150cc sudah memasuki pertempuran sengit hingga berjilid-jilid, kalah deh buku harry potter serinya. Penggiringan opini DOHC lebih baik dari SOHC di motor sport 150cc sudah dari jaman kuda gigit besi hingga Kids jaman now. Biasanya pengusung DOHC akan lebih banyak menyerang keunggulan spek mesinnya sedangkan pembela SOHC biasanya hanya defensif mengatakan bahwa untuk motor sport 150cc mesin DOHC tidak terlalu signifikan keunggulannya.

Blow up mesin DOHC lebih unggul dari SOHC di motor sport 150 cc sebenarnya tidak lepas dari promosi tim marketing pabrikan untuk mengunggulkan prodaknya akan tetapi secara sadar atau tidak para fans boy jadi terpengaruh padahal teknologi itu berkembang, silih berganti, bisa aja teknologi sekarang yang dianggap hebat jadi sangat kuno dimasa depan. Apalagi motor terbaru Yamaha di motor 150cc nya sudah menggunakan teknologi Variable Valve Actuation (VVA) sehingga motor bisa irit tapi sekaligus kencang. Di segmen motor sport 150 cc fairing ada motor Honda CBR 150R, Suzuki GSX-R150 pakai mesin DOHC dan Yamaha All New R15 bermesin SOHC, sedangkan di segmen naked bikenya ada Honda CB 150R, Suzuki GSX-S150 dengan mesin DOHC dan Yamaha All New Vixion bermesin SOHC. Pemilihan mesin dengan teknologi saat ini antara DOHC atau SOHC yang berbeda-beda sebenarnya tergantung pada kebijakan dan strategi masing-masing pabrikan.

Kadang lucu juga alasan para pendukung DOHC motor sport 150cc yang mengatakan mana ada motor sport pakai SOHC, Di Moto GP tidak ada yang pakai mesin SOHC atau bilang gengsi dong kalau motor sport 150 cc masih pakai SOHC. Cukup geli juga plus jadi senyum-senyum sendiri, moto gp lah dibawa-bawa, gengsi lah dibawa-bawa. Dilihat Dari judul diatas “DOHC VS SOHC” di motor sport 150cc banyak pendapat lebih mengunggulkan pakai mesin DOHC dibanding SOHC sebenarnya tidak masalah tapi yang jadi pertanyaannya adalah motor yang mana? Kalau dihubungkan dengan motor real, nyata apa adanya, untuk saat ini motor sport 150 cc yang dijual antara Honda, Suzuki dan Yamaha, ternyata diatas kertas “saat ini” (digaris bawahi) paket lengkap All New Yamaha R15 dan All New Vixion R bermesin SOHC VVA secara performa, fitur, irit bbm dan handling jauh lebih baik dari kompetitornya yang bermesin DOHC.

Simpelnya begini, kita sebagai konsumen rata-rata memilih motor sport 150 cc bukan karena bermesin DOHC atau SOHC tapi lebih ngelihat pada sisi daya tahan mesin yang sudah teruji, performa tinggi, suku cadang spare part banyak, irit bahan bakar, fitur yang berlimpah dan biaya perawatannya yang murah. DOHC atau SOHC hanya sebagian kecil dari teknologi yang tersemat pada sebuah motor oleh karena itu kita sebagai konsumen bersikaplah secara bijak jangan terpengaruh oleh Gimmick Marketing, pilihlah motor secara keseluruhan dengan paket yang terbaik. Kalau disuruh memilih untuk saat ini motor sport 150 cc dengan harga 35 jutaan, tanpa basa-basi motoengine akan memilih motor terbaru Yamaha yang sudah mengusung teknologi VVA yaitu All New R15 atau All New Vixion R. Selain itu ada motor KTM Duke 200 bisa juga dipertimbangkan, cuma ragu dengan 3S nya, kok malah bawa-bawa motor 200cc? Hahaha, anggap aja 50cc nya bonus, kan harganya malah lebih murah dengan kualitas yang sudah teruji. Kalo gitu kenapa gak milih MT-25 second aja? Wah urusan jadi panjang deh, mau istirahat dulu, nanti dilanjut lagi.. Salam…

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); Motoengine.com - Motor harian yang mudah perawatannya di motor sport
Motoengine.com - Hari Sabtu (30 September) bertempat di Ecopark Ancol, telah berlangsung even fotografi model
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); Motoengine.com - Antara bersyukur dan rasa penasaran gimana kalau Kawasaki
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); Motoengine.com - Walau makin lama makin tergerus pangsa motor sport
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); Motoengine.com - Heran juga dengan kedigjayaan MX King 150 yang