Bumi Perkemahan Ragunan adalah tempat yang dipilih kepanitiaan Jambore R15 ketiga, ketua pelaksananya yaitu bro Dadi didampingi oleh ketua umum YR15CI Jakarta bro vino, kolaborasi ini membawa suksesnya acara tanggal 30 September 2017.

Mungkin segilintir komunitas banyak yang gak tau tentang Jambore R15, saat ini sudah ketiga, Jambore R15 pertama diselenggarakan di Bandung dan kedua diselenggarakan di Bogor, rencananya akan lanjut ke empat berlokasi di Banten. Pembentukan Jambore dibuat secara simple terutama memperakrab antar klub tiga provinsi dan meminimalisir Klub Yamaha R15, foundernya adalah bro Ryan dari R15 Bandung MC bro Angga dari YR15CI Depok, dan bro Koko Reza dari YR15CI Bogor. Tema yang diambil kali ini yaitu “Selalu Bersama dalam satu tujuan persaudaraan”.

Terdata ada 26 Klub yang hadir di Jambore R15 ketiga ini yaitu R15 Bandung-MC, YR15CI Bogor, R15 Karawang, YR15CI Cikarang, YR15CI Jakarta, R15 Cianjur, YR15CI Cirebon, Trow Tangerang, YR15CI Depok, YR15CI Subang, YR15CI Sukabumi, YR15CI Tangerang, YR15CI Tangerang Selatan, R15 Purwakarta, YR15CI Bekasi, R15 Sumedang, YR15CI Lebak, R15 Garut, RSCL Lampung, R Cyber Cibitung, YR15CI Jakarta Utara, YR15CI Jakarta Timur, Rewind R15 Indramayu, R15 Sky Independen, YR15CI Serang, YR15CI Jakarta Barat, YR15CI Jakarta Selatan dan Presiden periode kedua YR15CI bro Widio Paulus Kaunang. 27 klub ini lah yang menjadi saksi terselenggaranya acara jambore R15 ke tiga dijakarta.

Founder Jambore R15 sudah mediasi di Bandung tahun 2015 alhasil terciptalah Jambore pertama dengan hasil syarat Perseta Jambore adalah
1. Harus sudah melakukan deklarasi
2. Mempunyai AD/ART dan kepengurusan
3. Harus ikut Jambore R15
4. Disetujui oleh klub yang sudah ada sebelumnya.

Lanjut di Jambore kedua tahun 2016 di Bogor konsepnya sama dan terdata ada 35 klub yang hadir konsepnya pengesahan peserta jambore yang ikut di jambore pertama dibandung dan adanya partisipan berjumlah 17 klub diforumkan secara kekeluargaan.

Aturan jambore kedua ketika ada pembentukan klub baru harus dengan sepengatahuan dan persetujuan Peserta Jambore terutama harus menghadap terlebih dahulu di klub yang sudah ada di kota masing-masing dan apabila kalau ada masalah peserta jamda yang totalnya ada 18 klub harus diskusikan untuk mediasi. Dengan cara pertemuan atau apabila jarak terlalu jauh membuat group chat.

Ditahun 2017 banyak sekali klub yang bermunculan terutama di Provinsi DKI Jakarta, Permasalah yang ada karena minimnya informasi untuk aturan Jambore R15, Meskipun Acara Jambore R15 ketiga diselenggarakan dengan lancar dan sukses, serasa kurang lengkap oleh tidak hadirnya beberapa peserta dan partisipan waktu di jambore kedua di Bogor, dan aturan Jambore R15 yang dibuat oleh para founder dinyatakan gugur, Seharusnya mereka harus datang dan melakukan musyawarah secara mufakat bersama.

Pembahasan eksternal tentang
1. Federasi R15 Independen,
2. Chapter YR15CI yang ada diLampung yaitu Lampung Barat,
3. Permasalah antara YR15CI Subang dan SKY Independen,
4. Penjamuran klub di Jakarta,
5. Boikot/Blokade
6. Tentang RVI.

Semuanya dibahas secara tuntas dan jelas apabila dijabarkan satu persatu akan sangat panjang, hanya yang hadir diacara ini yang bisa mendengarkan dan menilai secara langsung.

Pembahasan atau poin yang didalam internal adalah
1. Tidak perlu adanya kepengurusan Jambore cukup founder aja
2. mediasi atau menyelesaikan permasalahan yang ada
3. Akan ada Jamnas R15 (Jambore Nasional)
4. Mempersilahkan untuk membentuk jambore R15 per Provinsi
5. Pengesahan dan penambahan peserta jambore R15 dinyatakan gugur karena konsep membenturkan jambore tidak dipakai.

Suksesnya acara ini atas dukungan kerjasama panitia dan peserta yang hadir karena ini adalah acara bersama. Sumber: Dadi.

*JAMBORE R15 DKI, JABAR DAN BANTEN* Selalu Bersama Dalam Satu Tujuan Persaudaraan Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Sekedar sharing ringan saja. Kemarin menyempatkan sebelum touring ganti oli Yamalube RS4GP. Ditebus seharga Rp.
Misi om bro, ane baru ngangkat Nmax 2017 kinyis-kinyis dari dealer, numpang tanya yah maklum
Dua tahun YAMAHA NMAX CLUB INDONESIA CIANJUR CHAPTER akan diselenggarakan pada 25 november 2017 di
Review Tas Givi Scooter Alhamdulillah... Setelah muter muter, tanya sana sini sama lapak On line