Mungkin para sahabat pernah mendengar sebuah benda yang namanya velocity stack (VS)? atau bahkan pernah mengaplikasikannya? VS adalah sebuah perangkat berbentuk corong yang dipasang di moncong karbu atau throttle body.
Katanya bisa menaikkan power 2 s/d 3%. Velocity Stack (VS) memang merupakan alat tambahan berbentuk corong trompet yang berguna untuk mengarahkan udara yang akan masuk ke dalam saluran intake. VS kadang disebut trumpet atau bellmouth (mulut bell), dimana jika konstruksi yang berbeda, maka performa yang yang dihasilkan juga berbeda, perhatikan gambar beberapa macam mulut intake pada gambar terlampir.

ITC pertama dibuat dengan pilihan (B) dikarenakan tukang kami tidak bisa membuat pilihan (A), kalaupun dipaksakan dengan di bubut, akan membutuhkan biaya besar yang sangat mempengaruhi harga jual. Saat ini saya telah menemukan tukang yang bisa membuat pilihan (A). Maka saya pun memproduksinya dengan versi ke 2 yang saya namakan MARK II.
Jadi penerapan VS merupakan salah satu cara sederhana dalam meningkatkan VE selain tunning panjang saluran runner. Dan hal inilah yang diharapkan untuk dapat meningkatkan torsi dan power engine.

Setelah saya berexperiment lebih dari sebulan, saya merasakan hasil yang kurang signifikan (menurut versi saya), maka sayapun mencoba menggabungkan technology Cyclone dengan ulasan sbb:

Bermunculannya system injeksi bahan bakar bensin pada motor bakar yang menjanjikan performa mesin dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik menjadikan system pengabut seperti karburator semakin ketinggalan. Demikian pula tabung YEIS yang dahulu kala banyak digunakan. Karena system injeksi ini penyemprotan bahan bakar langsung di ruang bakar.

Syarat terjadinya pembakaran adalah adanya udara + bahan bakar + api. Pada motor bakar bersistem injeksi elektronik perbandingan campuran udara dan bahan bakar ini sangatlah di perhitungkan sehingga karena hal tersebutlah yang membuat motor bakar injeksi lebih irit. Akan tetapi ada satu hal yang juga tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah homogenitas percampuran antara bahan bakar dengan udara. Seberapa homogen percampuran udara dan bahan bakar juga akan berpengaruh pada kualitas pembakaran pada motor bakar. Semakin bagus dan semakin homogen percampuran bahan bakar dengan udara maka pembakaran dan effisiensi mesin juga akan semakin bagus.

Untuk meningkatkan homogenitas pencampuran bahan bakar dan udara pada mesin bersistem pengabut karburator dapat dilakukan dengan cara meningkatkan olakan ( adukkan ) campuran bahan bakar dengan udara pada system manifold intake. Hal itu dapat dilakukan dengan cara menambahkan suatu piranti tambahan pada manifold intake yang berfungsi untuk membuat semacam pusaran udara / cyclone pada saluran manifold intake, sebut saja piranti tersebut flange intake manifold cyclone maker.

Intake Tromp Cyclone (ITC) menmanfaatkan sebuah plat logam yang di bentuk dengan sudut berbentuk semacam baling baling yang akan berfungsi menciptakan pusaran cyclone di sepanajang saluran intake manifold. Putaran cyclone tersebut akan meningkatkan homogenitas percampuran udara dan bensin. Sehingga mesin akan bekerja lebih effisien atau irit bahan bakar.

ITC telah memenuhi persyaratan flange intake manifold cyclone maker :

1. Terbuat dari bahan yang cukup kuat menahan panas (ITC terbuat dari Baja anti karat)

2. Terbuat dari bahan yang cukup kuat menerima tekanan udara intake manifold , saran bahan yang bisa di gunakan adalah plat besi dengan tebal lebih dari 0.4 mm. (ITC menggunakan 0,7 – 0,9 mm)

3. Dibuat dengan desain yang tidak banyak mempengaruhi atau mengurangi kualitas aliran udara di area intake manifold. (ITC tidak menutupi besarnya pipa masuk udara karena dibuat dengan pipa yang membesar, sehingga tidak mengurangi volume masuk udara)

4. Dapat menciptakan air cyclone yang cukup kuat. (Baling-baling ITC lebih dari 2 kali besarnya lobang intake, sehingga kekuatannyapun jauh lebih besar / seperti perbedaan kipas angin kecil dan kipas angin besar)

5. ITC mengunakan systm las dengan suhu tertentu sehingga baling baling Cyclone menyatu dengan body VS

ITC menambah kepadatan udara dan mempercepat udara yang menuju ke ruang bakar dan membuat alur seperti cyclone sehingga membuat hisapan dari piston dan tekanannya menjadi ringan. Alur angin cyclone ikut membersihkan tumpukan Karbon di ruang bakar sehingga memperpanjang umur mesin anda. Dengan pembakaran lebih sempurna dan pastinya akan hemat BBM. Demikian penjelasan produk Intake Tromp Cyclone…

Yamaha Nmax Indonesia

Numpang tanya n minta pendapatnya yg sudah make kampas rem Aerox 155 aftermarket yg recomended
Sekedar sharing ringan saja. Kemarin menyempatkan sebelum touring ganti oli Yamalube RS4GP. Ditebus seharga Rp.
Misi om bro, ane baru ngangkat Nmax 2017 kinyis-kinyis dari dealer, numpang tanya yah maklum
Dua tahun YAMAHA NMAX CLUB INDONESIA CIANJUR CHAPTER akan diselenggarakan pada 25 november 2017 di
Review Tas Givi Scooter Alhamdulillah... Setelah muter muter, tanya sana sini sama lapak On line